Site Meter
Perpustakaan Pusat
Universitas Trisakti

 Selamat datang di Perpustakaan Universitas Trisakti.



lanjutkan »
User ID


Password


Lupa password? »
JAM BUKA PERPUSTAKAAN

Perpustakaan
:

Senin - Kamis

08.00-16.00
Jum'at
08.00-16.00


Perpustakaan fakultas »

PROFIL


Latar Belakang

Sejak berdiri Universitas Trisakti pada tanggal 29 November 1965, Perpustakaan Universitas Trisakti sudah merupakan salah satu unit yang ada di dalamnya.

Pada tanggal 1 Oktober 1992, berdasarkan SK No. 161/USAKTI/SKR/X/1992 dibentuk Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan yang dipimpin oleh Kepala Perpustakaan yang bertanggung jawab kepada Rektor melalui Pembantu Rektor I.

Selain menetapkan bagian-bagian pada UPT Perpustakaan, SK ini juga menyebutkan bahwa di fakultas ditempatkan petugas-petugas perpustakaan yang mengurus perpustakaan dosen dan merupakan tenaga penunjang dari SUB Bagian Pengolahan dan Pengadaan UPT Perpustakaan Universitas.

Pada 5 Oktober 1994 keluar keputusan Rektor Universitas Trisakti no. 176/USAKTI/SKR/X/1994 yang menyatakan bahwa perpustakaan fakultas diaktifkan kembali.

Kemudian pada tanggal 15 November 1995 keluar SK Rektor No. 203/USAKTI/SKR/IX/1995, bahwa ada penambahan SUb Unit Referensi pada UPT Perpustakaan Universitas.

Pada tanggal 29 Juli 1996 keluar SK Rektor No. 171/USAKTI/SKR/VII/1996 yang menyatakan bahwa UPT Perpustakaan dipimpin oleh seorang Kepala yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor dibantu oleh Sekretaris Perpustakaan dan membawahi 4 Sub Unit, yaitu :

  1. Sub Unit Pelayanan Administrasi
  2. Sub Unit Pengolahan
  3. Sub Unit Pelayanan Pemakai
  4. Sub Unit Referens

Pada tanggal 9 Februari 1999 melalui SK Rektor No. 027/USAKTI/SKR/II/1999 ditetapkan bahwa Jabatan Sekretaris Perpustakaan ditiadakan. Sampai saat ini Perpustakaan.

Universitas Trisakti merupakan Unit Pelaksana Teknis yang terdiri dari satu Perpustakaan Universitas, sembilan Perpustakaan Fakultas, dan satu Perpustakaan Pascasarjana.

 

 VISI, MISI DAN TUJUAN UPT PERPUSTAKAAN

 

VISI

Menjadi Perpustakaan yang andal, berstandar Internasional dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.

 

MISI

1. Menyediakan sumber-sumber informasi yang bermutu, yang dibutuhkan oleh sivitas akademika, baik yang diperoleh dari institusi sendiri maupun organisasi / lembaga lain.

2. Menyelenggarakan proses pengolahan dari perawatan bahan pustaka, sumber informasi lain, sehingga dapat berfungsi sebagai pusat dokumentasi yang dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu yang lama.

3. Menyebarluaskan informasi sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal bagi penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

 

TUJUAN

1. Mengembangkan koleksi perpustakaan berdasarkan kurikulum yang senantiasa disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2. Melaksanakan proses pengolahan yang sesuai dengan pedoman yang berlaku.

3. Melaksanakan proses perawatan bahan pustaka dan sumber-sumber informasi lain sehingga tetap dalam kondisi yang baik dan siap pakai dalam jangka waktu relatif lama.

4. Menyelenggarakan pelayanan yang berkualitas.

5. Mengembangkan fasilitas dan sarana yang memadai dan memenuhi kebutuhan pemustaka perpustakaan.

6. Melaksanakan kegiatan promosi dalam rangka menyebarluaskan sumber-sumber informasi yang dimiliki.

7. Membina dan mengembangkan kerja sama dan kemitraan dengan lembaga-lembaga yang dapat memberikan nilai tambah dalam penyediaan informasi dan kualitas pelayanan.

8. Meningkatkan kemampuan, ketrampilan dan kualitas sumber daya manusia perpustakaan agar dapat bekerja secara profesional.

 

 





« Kembali

Trisakti University
Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol, Jakarta Barat, Indonesia
Phone: (62-21) 566 3232 | Fax: (62-21) 564 4270
Copyright © 2008 UPT Multimedia Universitas Trisakti. All rights reserved.